WA

SmartMed Premier

Apa itu SmartMed Premier?

Smartmed Premier adalah asuransi kesehatan murni terbaik dari Allianz yang menanggung biaya rumah sakit sesuai tagihan (as charged). Asuransi ini dapat digunakan di seluruh dunia, dengan fasilitas kartu cashless di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Kamboja.

 

Asuransi kesehatan murni ini maksudnya adalah asuransi kesehatan dengan kontrak tahunan, berdiri sendiri (stand alone), bukan rider (pertanggungan tambahan dari asuransi jiwa), bukan unitlink (tanpa investasi tanpa tabungan : dan tanpa pengembalian premi alias premi hangus. Masa perlindungan berlaku untuk satu tahun dan dapat diperpanjang hingga maksimal usia 80 tahun.

Kelebihan Produk Asuransi Kesehatan Smartmed Premier

  1. Cover sesual tagihan (as charged)
  2. Menyediakan Manfaat Program Asuransi yang lengkap: yaitu : Rawat Inap: rawat jalan: Gigi dan Melahirkan (maternity)
  3. Manfaat Cashless (gesek kartu) di rumah sakit jaringan AdMedika di Indonesia: Singapura- Malaysia, Thailand: Kamboja.
  4. Tidak ada batasan manfaat per penyakit.
  5. Limit tahunan 6 Miliar rupiah dan direset kembali setiap tahunnya
  6. Berlaku diskon 5% apabila mengikutsertakan keluarga (definisi keluarga adalah keluarga inti- yaitu suami istri dan anak-anak (maksimum usia 18 tahun- atau 23 tahun jika kuliah) maksimal 3 anak
  7. Penyakit yang sudah ada (pre-existing disease) dapat ditanggung setelah 2 (dua) tahun jika permohonan asuransi disetujui
  8. kemoterapi dan dialisa (cuci darah) juga ditanggung dan dilengkapi manfaat evakuasi medis darurat.

Tabel Manfaat Smartmed Premier

Ketentuan Umum Smartmed Premier

Jenis produk Asuransi murni, bukan unitlink.
Masa kontrak Satu tahun, dapat diperpanjang tiap tahun.
Mata uang Rupiah.
Manfaat dasar Rawat inap.
Manfaat tambahan (rider, opsional) 1. Persalinan 2. Rawat jalan & gigi
Usia masuk tertanggung 15 hari sd 75 tahun (ulang tahun terdekat)Khusus rider Persalinan: 16 sd 45 tahun.
Usia maksimum proteksi 80 tahun (ulang tahun terdekat).Khusus rider Persalinan: 46 tahun.
Masa tunggu 30 hari dari tanggal polis disetujui untuk perawatan karena sakit.Untuk perawatan karena kecelakaan tidak ada masa tunggu. Khusus melahirkan: 280 hari (9 bulan 10 hari).
Frekuensi pembayaran premi Bulanan, triwulanan, semesteran, dan tahunan(Rate lebih mahal untuk premi selain tahunan)
Fasilitas pelayanan klaim
  • Cashless (jaringan AdMedika di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja)
  • Reimburse (di luar jaringan AdMedika)
Ketentuan fasilitas cashless
  • Hanya berlaku untuk cara pembayaran premi semesteran dan tahunan.
  • Untuk rawat inap dan persalinan, berlaku di jaringan AdMedika di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja.
  • Untuk rawat jalan dan gigi, hanya berlaku di jaringan AdMedika di Indonesia.
Ketentuan polis keluarga
  • Keluarga inti, yaitu suami/istri dan anak-anak (maksimal usia 18 tahun, atau 23 tahun jika kuliah) maksimal 3 anak.
  • Untuk anak di atas 18/23 tahun, atau untuk orangtua, harus membuka polis sendiri.
  • Plan kamar yang diambil harus sama untuk semua tertanggung.
Ketentuan pembayaran klaim sesuai tagihan
  • Hanya berlaku untuk penggunaan kamar sesuai plan yang diambil.
  • Untuk penggunaan kamar di atas plan, berlaku inner limit.
  • Untuk perawatan di Amerika Serikat, berlaku inner limit.
  • Dalam keadaan darurat, jika tidak tersedia harga kamar sesuai plan, member dapat menggunakan kamar dengan harga satu level di atas plan maksimum selama dua hari. Setelah dua hari, member harus kembali ke kamar sesuai plan semula. Jika tidak, akan diberlakukan inner limit.
Koordinasi manfaat (jika memiliki polis askes sejenis di perusahaan lain) Jika askes lain dipakai terlebih dahulu, Allianz hanya akan membayar kekurangannya (jika ada). Klaim secara reimburse dengan melampirkan dokumen klaim dari perusahaan lain tersebut.
Keputusan underwriting (penilaian risiko) Tergantung kondisi kesehatan tertanggung, keputusan underwriting ada 5 kemungkinan:
  1. Diterima standar
  2. Diterima dengan ekstrapremi
  3. Diterima dengan pengecualian
  4. Diterima dengan ekstrapremi dan pengecualian
  5. Ditolak
Perubahan polis Perubahan polis meliputi penambahan atau pengurangan peserta, perubahan plan (naik atau turun), dan penambahan atau pengurangan rider.Perubahan polis hanya bisa dilakukan pada saat ulang tahun polis.
Berakhirnya polis
  1. Saat tertanggung mencapai usia 80 tahun
  2. Pembayaran premi terhenti
  3. Pembatalan oleh pemegang polis
  4. Tertanggung meninggal dunia
Mana yang terjadi lebih dulu.

Masa Tunggu dan Pengecualian

  • Penyakit secara umum, dikenakan masa tunggu 30 hari
  • Penyakit khusus, dikenakan masa tunggu 12 bulan.
  • Penyakit yang sudah ada (preexisting): dikenakan masa tunggu 24 bulan: jika disetujui untuk ditanggung.

Daftar penyakit khusus (segala penyakit yg bersifat kronis), termasuk namun tidak terbatas pada:

  1. Batu di ginjal, saluran/kandung kemih, saluran/kandung empedu
  2. Penyakit jantung, pembuluh darah jantung, dan pembuluh darah otak (contoh: penyaklt jantung koroner, stroke)
  3. Hipertensi, hiperlipidemia (contoh: hiperkolesterol, hipertrigliserid)
  4. katarak
  5. Segala jenis tumor dan kista
  6. Penyakit yang berhubungan dengan telinga, hidung, dan tenggorokan yang memerlukan dan telah dilakukan pembedahan
  7. Kencing manis
  8. Tuberkulosis dan semua komplikasinya
  9. Gangguan kelendar tiroid
  10. Gagal ginjal kronis
  11. Segala jenis hernia (contoh: hemia nucleus pulposus, hernia inguinalis, dan waris atau haemorrhoid)
  12. Segala jenis ganggungan hematologi (contoh: anemia, leukemia, thalassemia)

Berikut adalah QnA (Question and Answer) untuk pertanyaan – pertanyaan yang sering ditanyakan untuk Produk Smartmed Premier.


Q : Apa keunggulan dari produk SmartMed Premier ?

A : As Charged (sesuai dengan tagihan biaya dirumah sakit)* dan memiliki Limit Tahunan yang besar: yaitu 6 Miliar. ( * sesuai dengan ketentuan polis). Sistem pembayaran dengan kartu (cashless) dalam jaringan penyedia di Indonesia: Singapura: Malaysia: Thailand, Kamboja dan reimburse jika dilakukan diluar jaringan provider Memiliki 10 pilihan Plan kamar mulai dari Rp 500.000/hari s/d Rp 6.000.000,hari. Peserta dapat memilih antara Batasan Tahunan yang berbeda dan tingkat co- share (0%, 10%, 20%) hanya untuk Rawat Inap & Manfaat Persalinan dan yang pertama kali ada pada produk kesehatan individual.
Q : Apa yang dimaksud dengan layanan Co-Share dan bagaimana penjelasannya ?
A : Layanan Co-Share adalah merupakan layanan yang diberikan kepada peserta SmartMed Premier untuk memilih berapa pertanggungan yang akan dibebankan ke PT Allianz Life dan berapa yang dibebankan ke peserta itu sendiri (khusus untuk benefit Rawat Jalan & Persalinan). 3 pilihan layanan Co-Share yang bisa dipilih diawal kepesertaan ( 20%, 10% dan 0%) Layanan Co-share bisa dipilih pada benefit Rawat Inap: tapi jika peserta menambahkan benefit optional (Persalinan) pada polisnya maka secara otomatis semua benefit optional yang ditambahkan tsb akan mengikuti layman Co-Share seperti benefit Rawat Inapnya. Untuk Benefit Rawat jalan & Gigi: akan diberlakukan secara Otomatis Co-Share 20% dan tidak dapat memilih layanan Co-Share lainnya ( 10% dan 0%).

Q: Bagaimana perhitungan No Claim Bonus ?

A: Jika peserta selama 1 tahun kepesertaan tidak pernah melakukan klaim dan mau melanjutkan kepesertaannya untuk 1 tahun ke depan- maka premi untuk perpanjangan kepesertaan tsb akan mendapat discount 20% dari premi yang seharusnya dibayar peserta.
Q : Apa yang dimaksud dengan Jaringan Provider dan diluar jaringan Provider?
A: Jaringan Provider adalah Rumah sakit atau Klinik yang sudah melakukan kerjasama dengan provider produk SmartMed Premier ( Provider = AdMedika) yang terdapat di seluruh wilayah Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja dan diluar jaringan Provider adalah Rumah Sakit / klinik diseluruh dunia yang belum bekerjasama dengan provider. Jadi Jika peserta menjalani Perawatan di jaringan Provider maka peserta bisa menggunakan kartu SmartMed Premier sebagai alat pembayaran Cashless (selama tidak melebihi dari plan kamar yang dipilih dan sesuai dengan ketentuan klaim yang terdapat di dalam polis) dan peserta hanya membayar Ekses Klaim yang terjadi (jika ada). Tapi jika Perawatan dilakukan diluar jaringan provider, maka peseta harus membayar terlebih dahulu ke Rumah sakit / Klinik tsb dan kemudian kwitansi pembayaran serta dokumen dokumen yang diperlukan bisa di reimburse ke PT Allianz Life dalam waktu maksimal 30 hari setelah meninggalkan Rumah sakit / Klinik tsb.
Q : Apakah semua Klaim bisa Cashless di semua jaringan Provider baik di Indonesia maupun di luar negeri?
A: Cashless untuk klaim rawat Inap & Persalinan hanya bisa dilakukan dijaringan Provider (AdMedika) di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja, sedangkan untuk Cashless rawat jalan & Gigi hanya bisa di jaringan Provider Admedika di Indonesia.

Q : Apakah semua polis bisa mendapatkan fasilitas Cashless?

A: Hanya polis dengan metode pembayaran premi 6 bulanan (pembayaran lewat Kartu Kredit) & tahunan saja yang bisa mendapat fasilitas Cashless.

Q : Bagaimana jika peserta di rawat dengan kelas kamar yang lebih tinggi dari plan yang saya pilih ?
A: Jika ternyata peserta tidak mendapatkan kamar yang sesuai dengan plan yang dipilih karena ketidaktersediaan di rumah sakit tsb, maka peserta boteh melakukan perawatan di ruangan yang lebih tinggi tapi 1 plan diatas plan yang di miliki dan maksimal 2 hari. Tapi jika peserta secara sengaja memilih kamar yang lebih tinggi dari plan yang di miliki maka akan diberlakukan inner limit sesuai dengan table manfaat SmartMed Premier.
Q : Bagaimana jika peserta dirawatnya di Amerika serikat?

A: Jika peserta melakukan perawatan di Amerika Serikat maka akan diberlakukan Inner Limit.
Q : Bagaimana perhitungan biaya Klaim Hemodialisa, Kemoterapi ?
A: klaim akan dibayarkan dengan Biaya yang ditagihkan dan maksimal sesuai dengan yang tertera di table manfaat SmartMed Premier.
Q: Peserta sudah memiliki MaxiViolet, apakah masih Boleh membeli SmartMed Premier?
A: Boteh tapi akan diberlakukan koordinasi manfaat. (Coordination of Benefit)
Q: Bagaimana dengan Koordinasi manfaatnya, Contoh : jika peserta sudah membeli MaxiViolet Plan Rp 500.000 , lalu membeli lagi SmartMed Premier Plan Rp 1.000.000,— kemudian peserta dirawat di Rumah Sakit jaringan Provider Admedika dengan kamar Rp 1.300.000 / hari, apakah selisihnya bisa dicover Oleh produk MaxiVolet ?
A : Jika peserta klaim dengan menggunakan Cashless maka peserta diharuskan membayar Ekses Klaimnya terlebih dahulu. Setelah itu Ekses Klaimnya bisa di reimburse ke Allianz Life dengan melampirkan medical record Rumah Sakit dan kwitansi biaya perawatan yang dibayarkan.
Q: Bagaimana keputusan underwriting untuk produk ini, apakah hanya diterima atau ditolak saja,atau ada keputusan diterima dengan pengecualian ?
A : Keputusan Underwriting produk ini bisa salah satu dari 5 keputusan berikut ini :

  1. Diterima.
  2. Diterima dengan Extra Premi.
  3. Diterima dengan Pengecualian.
  4. Diterima dengan
    Extra Premi & Pengecualian. dan
  5. Ditolak

Q: Apakah polisnya dapat diperpanjang secara otomatis?
A : Tidak otomatis, tetapi 30 hari sebelum polis berakhir akan dikirim surat pemberitahuan, bisa berupa renewal notice atau surat pemberitahuan bahwa polisnya tidak dapat diperpanjang. Untuk yang dikirim renewal notice, jika ada konfirmasi & pembayaran, maka polis akan diperpanjang (prosedur renewal). Jika peserta sudah pernah melakukan Klaim tidak akan langsung di stop/ tidak boleh perpanjang pada saat renewal. Tapi akan ada re-nderwriting untuk melihat apakah klaimnya wajar atau tidak dan ada pertimbangannya dari Riwayat klaim tersebut.

Q: Peserta sudah memiliki polis MaxiViolet sejak 3 tabun lalu, dan menutup polis Maxi Violetnya diikuti dengan membeli polis SmartMed Premier dengan Plan yang sama (Mengganti Produk), apakah masa tunggunya berlaku sejak awal lagi (untuk penyakit Khusus dan masa tunggu) ?
A : jika jumlah Plannya sama maka tidak ada masa tunggu lagi untuk SmartMed Premiernya, tapi jika ternyata Plan SmartMed Premiernya lebih besar dari MaxiVioletnya maka selisihnya akan dikenakan masa tunggu lagi. Perubahan MaxiViolet ke SmartMed Premier hanya dapat dilakukan pada saat ulang tahun polis perpanjangan MaxiViolet.
Q: Apakah diperbolehkan Membeli polis SmartMed Premier hanya untuk anak tanpa mengikutkan Orang Tua ?
A : Tidak bisa, kecuali jika anak tsb berusia diatas 18 tahun

Q: Jika nantinya peserta sudah ikut produk ini dan sudah melakukan klaim penyakit apakah polisnya masih boleh diperpanjang ?

A : jika peserta sudah pernah melakukan Klaim tidak akan langsung di stop / tidak boleh perpanjang pada saat renewal, tapi akan ada proses re-Underwriting dengan melihat riwayat klaimnya dan keputusan apakah polis dapat dilanjutkan tergantung dari hasil proses re-Underwriting saat proses renewal tersebut.

Q: Dan apakah akan dikenakan extra loading ? bagaimana perhitungannya, naik 50%, 100% atau berapa % ?

A: Tidak bisa diinformasikan karena tidak bisa dipastikan besarannya dan tergantung hasil underwritingnya, tapi maksimal 200% atau diberlakukan pengecualian untuk kondisi tertentu, atau tidak dapat dilanjutkan pertanggungannya.
Q: Pencoveran HIV / AIDS dalam produk SmartMed Premier seperti apa?

A: Jika Tertanggung terdiagnosa HIV / AIDS dengan atau tanpa melakukan rawat inap di rumah sakit maka Allianz Life akan membayarkan manfaat secara lump sum sebesar Rp 10.000.000.